Kategori
Tips

5 Trik Hadapi Kesepian dengan Tangguh disaat Pandemi

MEDIAPENELITI.COM – 5 Trik Hadapi Kesepian dengan Tangguh disaat Pandemi.

Sering merasa kesepian di saat pandemi? Tenang, Anda tidak sendirian.

Kesepian atau “loneliness” dapat digambarkan dengan perasaan kesendirian, hampa, kosong dan tidak ada yang ingin mendengarkan Anda.

Dr Gretchen Rubin dari Psychology Today menyatakan bahwa kesepian adalah faktor utama dalam ketidakbahagiaan.

Maka, ia adalah area yang penting untuk ditangani jika Anda berusaha membuat diri Anda lebih bahagia.

Perlu Anda ketahui bahwa banyak orang di luar sana yang juga tengah merasakan apa yang Anda rasakan saat ini. Iya, merasa sendiri dan kesepian.

Kita tentunya tau bahwa pandemi Covid yang mewabah keseluruh negara dari akhir tahun 2019 paling tidak memberi kesan positif pada banyak keluarga di luar sana yang akhirnya punya banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarganya dirumah.

Namun tak bisa kita mungkiri bahwa masih terdapat orang-orang yang terjebak dalam ‘kesendirian’ ditengah situasi yang mencengkam.

Entah mereka yang bekerja sebagai frontliner, atau anggota keluarga yang terpaksa karantina sementara asbab desakan kerja yang tak bisa ditinggal.

Terlepas dari tuntutan kerja, terdapat para mahasiswa perantau yang juga ‘terjebak’ di luar kota atau bahkan di luar negeri saat pandemi sudah mewabah di kota mereka dan menutup pintu gerbang penerbangan internasional, yang kemudian tidak memungkinkan mereka pulang.

Al hasil, menghitung pengeluaran yang tidak sedikit juga kondisi yang sulit membuat mereka akhirnya mengalah dan berusaha beradaptasi dengan keadaan.

Kedua situasi diatas memaksa para pekerja dan mahasiswa perantau ini agar tetap tangguh menghadapi rasa kesepian yang lama kelamaan kian menyerang perasaan mereka, jika tidak dikontrol.

Agar perasaan kesepian tidak terus menerus menggeronggoti hati dan emosi Anda, ayo lakukan trik mudah ini.

Kenali dan pahami emosi Anda

Sangat penting untuk mengenal emosi yang Anda rasakan. Baik ketika sedang marah, sedih, kecewa, dan bahagia. Anda dapat mengelola emosi hanya apabila Anda memahaminya dengan kesadaran penuh.

Jika Anda sedang marah dan Anda menyadarinya, maka Anda akan segera berwudu.

Begitu pula jika Anda sedang bahagia dan Anda merasakannya dengan sadar, maka Anda akan segera mengucapkan “Alhamdulillah” atau melakukan sujud syukur.

Banyak hal yang bisa Anda perbuat jika Anda menyadari dan memahami emosi yang Anda rasakan.

Kembali pada perasaan kesepian dan kesendirian tadi, Anda juga harus paham bahwa Anda sedang kesepian dan cobalah untuk tidak menyangkal segala emosi yang Anda rasakan.

Dengan begitu, Anda akan berusaha mencari tau apa yang perlu Anda lakukan untuk menghentikan rasa sepi yang menyelimuti hari-hari Anda.

Oke lanjut…

Temukan dan lakukan aktivitas baru

Antara trik paling ampuh untuk “move on” dari segala hal yang berkaitan dengan hati dan perasaan adalah dengan melakukan aktivitas baru atau hobi.

Mengapa harus aktivitas baru? Karena Anda mungkin akan mudah bosan jika terus menerus melakukan kegiatan rutin, ditambah dalam kondisi yang Anda rasakan saat ini.

Khawatir nantinya Anda pun akan hilang semangat dalam mengerjakan hal yang biasanya Anda kerjakan dengan rajin.

Lihat fenomena di sekeliling Anda. Katakan saja sekarang sedang musim menanam bunga. Maka, Anda yang sebelumnya tidak pernah terfikir untuk menanam bunga mungkin bisa mencoba melakukannya.

Jadikan aktivitas menanam bunga dan merawatnya sebagai salah satu alternatif yang bermanfaat ketimbang menonton marathon drama Korea dan stalking story WA dari pagi sampai dini hari.

Tidak hanya itu, jika Anda sering merasa kesepian dan tidak tau harus berbuat apa? Anda bisa menonton YouTube channel memasak dan mulailah mencoba resep baru. (Siapa tau bisa jadi ide bisnis jualan juga kan ya?)

Intinya, sibukkan diri Anda dengan aktivitas yang bermanfaat agar Anda tidak berlarut dalam dilema kesepian.

Jaga hubungan dengan anggota keluarga dan teman dekat.

Meski aturan penjarakan sosial membuat orang-orang mulai menjauh secara fisik, bukan berarti Anda tidak bisa lagi berhubung dengan lingkungan terdekat Anda.

Manfaatkan teknologi, hubungi keluarga terdekat Anda melalui video call WhatsApp atau Skype.

Berbicaralah pada mereka seolah mereka ada disamping Anda. Dapatkan dukungan keluarga dan berceritalah tentang hal-hal yang menyenangkan.

Anda akan sadar bahwa dibalik perasaan sepi yang Anda rasakan saat ini, keluarga dan teman dekat Anda selalu ada bersama Anda dan siap mendukung Anda meski tak nampak di depan mata.

Akhirnya, Anda akan optimis dan tetap tenang menghadapi apapun yang membuat hari-hari Anda seolah suram.

Olahraga rutin

Anda harus tau bahwa olahraga punya banyak sekali manfaat buat kesehatan mental. Selain dapat meningkatkan konsentrasi, olahraga juga dapat memperbaiki mood.

Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup dengan lari kecil selama 30 menit mengelilingi lapangan basket, atau bisa juga dengan melakukan Yoga dan meditasi di rumah.

Apabila mood Anda sudah baik, tentunya Anda akan dapat berfikir dengan lebih tenang dan perasaan sepi yang sebelumnya Anda rasakan juga akan dapat Anda kendalikan (bukan ia yang mengendalikan Anda).

Terapi menulis

Nah untuk poin terakhir, Anda juga bisa menghilangkan rasa kesepian yang membelenggu jiwa dengan cara menulis. Pernah dengar dong ya tentang terapi menulis?

Eh tapi nulisnya tentang apa? Anda bisa menuliskan emosi apa saja yang Anda rasakan saat ini terutama emosi negatif yang ingin Anda singkirkan.

Metode terapi menulis ini bahkan pernah dilakukan oleh pakar motivasi dunia Dr Ibrahim Elfiky dalam bukunya “Terapi Berfikir Positif”.

Selain itu, Anda juga bisa mulai menulis hal-hal kecil di jurnal harian atau mungkin menulis artikel (seperti yang penulis lakukan). Hehe

Selain dapat menebar manfaat kepada teman-teman yang juga sedang merasakan kesepian, penulis akui  lebih bisa mengendalikan rasa kesepian yang sempat membuat hari-hari penulis jadi malas-malasan (demotivated).

Baiklah, sampai disini sudah terpikir mau coba menyingkirkan rasa kesepian dengan trik yang mana? Disesuaikan saja dengan waktu dan kondisi tentunya, ya.

Ayo lawan kesepian dengan cara yang keren! 😉(Mediapeneliti.com/Fatimah Zuhra)

 

 

 

Oleh admin

Anda bisa terhubung dengan kami di Instagram @mediapeneliti

Satu tanggapan untuk “5 Trik Hadapi Kesepian dengan Tangguh disaat Pandemi”

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.