Kategori
Tips

Alasan Takut Bicara dan Tips Agar Bisa Lancar Bicara di Depan Umum

MEDIAPENELITI.COM – Setiap orang memang tidak ada yang sempurna, memiliki kekurangan pada bagian tertentu, termasuk salah satunya kelemahan takut berbicara di depan umum.

Nah, jika Anda mengalami masalah seperti ini, yakni takut berbicara di depan umum, gemeteran sebelum berbicara, atau sampai tidak bisa tidur bermalam-malam karena Anda diminta untuk melakukan presentasi di depan orang ramai, Anda membuka web yang tepat.

Kali ini, kami akan memberikan Anda tips untuk mengenali alasan Anda takut berbicara, serta memberikan tips agar bisa lancar bicara di depan umum.

Tips ini seperti dikutip pada buku ‘Bicara itu Ada Seninya’ karangan Oh Su Hyang, seorang pakar komunikasi dari Korea Selatan. 

Simak berikut ini. 

Trauma salah ucap

Ini adalah alasan pertama orang takut bicara, seperti sebuah contoh suatu ketika ada seorang kepala tim dari perusahaan alat kesehatan takut untuk berbicara, ia sangat kebingungan karena harus melakukan presentasi di depan para pemilik saham perusahaan. Sebenarnya ia memiliki kejeniusan dalam berbisnis, namun jika harus berbicara di depan umum, ia bagai disambar petir ketakutan.

Kepala tim perusahaan ini menjelaskan alasannya tidak bisa berbicara dengan tenang di depan orang ramai, kala itu ia pernah melakukan presentasi di depan pemilik saham, dengan nilai miliaran. Namun, karena ia merasa tidak percaya diri, serta banyak kesalahan pada saat ia berbicara, akibatnya kerjasama bernilai miliaran itu hilang begitu saja sehingga menyebabkan perusahaan merugi besar. 

Akibat hal inilah, ia terganggu, serta trauma untuk mengalami kesalahan yang sama. Semenjak itu ia sangat tidak percaya diri melakukan presentasi. 

Masalah besarnya pada trauma, padahal berbicara adalah sebuah daya saing penting dalam bisnis, jika tidak menguasai komunikasi dengan baik, siap tidak siap harus mengalah dari orang lain yang mampu berbicara dengan teratur dan mempengaharui pendengar.

Ciri trauma berbicara 

Takut berbicara karena alasan trauma banyak ditemukan di dunia nyata, cirinya seperti berbicara yang terbata-bata, suara sangat kecil, gagap ketika bicara, tidak berani menatap orang lain.

Orang yang memperlihatkan gejala seperti ini bisa karena pernah mengalami gejala psikologis, trauma, atau merasa tidak percaya diri. 
Anda harus segera menata diri jika mengalami kondisi seperti ini, karena akan sangat merugikan diri Anda sendiri. Atasilah trauma dengan memupuk percaya diri dan membuang rasa takut.

Tarik nafas Anda dalam-dalam, ucapakan “Saya bisa jika saya tenang,” ucapkanlah pelan, tenangkan diri Anda, jika pikiran blank maka yang Anda ucapkan akan berantakan, parahnya orang yang mendengar akan menilai Anda gugup berbicara dengannya.

Percaya diri adalah hal utama dalam berbicara, selain itu berbicara dengan pikiran tenang juga salah satu alasan penting agar Anda tidak mengeluarkan kata-kata yang tidak perlu diucapkan.

Bebaskan diri dan perasaan dari tekanan dan merasa diri hina, tidak bisa apa-apa, percayalah pada diri Anda sendiri karena jika Anda diminta berbicara di depan orang lain, berarti mereka percaya bahwa Anda bisa dan Anda bisa membuat mereka tertarik dengan ide Anda.

Berikut ini, tips-tips yang bisa Anda lakukan agar tidak takut bicara. 

Empat faktor yang bisa menjadikan Anda memiliki keberanian dalam berbicara di depan umum. 

Anggap pendengar hanya duduk dan mendengar Anda, Anggap mereka boneka.

Berbicaralah dengan lega, anggap saja orang di hadapan Anda hanya boneka atau orang yang sama dengan Anda, berpikirlah orang di depan Anda hanya bisa mendengar tanpa bisa membantah. 

Lalu, Anggap mereka juga seperti Anda, manusia biasa dan memiliki kesalahan dan kekurangan, jangan takut salah dalam berbicara, selama Anda sudah berusaha berkata baik dan mempertimbangkan segala aspek dalam membuat sebuah argumen, jika argumen Anda tidak diterima dengan baik, maka jangan panik dan marah, tetap tenang teruslah berbicara dengan baik.

Hindari merendahkan diri ketika perkenalan

Jangan merendahkan diri Anda di depan orang lain ketika memperkenalkan diri. Hal ini fatal jika Anda lakukan, para pendengar akan berpikir Anda tidak bisa berbicara dan pendengar akan rugi mendengar yang Anda ucapkan. 

Maka, berikanlah kesan yang baik ketika memperkenalkan diri, ucapkanlah kalimat-kalimat yang bisa membuat kagum pendengar karena bisa melihat Anda di depan matanya. Anda bisa mengatakan “Saya akan memberikan sesuatu kepada Anda, sesuatu yang berharga dan hanya saya yang bisa memberikannya pada Anda,” tingkatkan kekaguman pendengar namun jangan merendahkan orang lain. 

Pelajari konten dengan baik

Tips agar Anda bisa lancar di depan umur yakni dengan mempelajari bahan dengan baik. Jika audiens lebih tahu dari Anda, maka mereka tidak akan memperdulikan apapun yang Anda bicarakan. 

Namun, jika audiens merasa ada pengetahuan baru dari yang Anda sampaikan, maka mereka akan memasang kuping dan mendengar dengan baik.

Menguasai semua bahan sebelum presentasi sangat penting, agar mereka yang mendengar tidak merasa lebih tahu dari Anda dan tidak menghakimi karena menganggap yang keluar dari mulut Anda sudah basi, atau sesuatu yang tidak penting. 

Ucapkan mantra

Sugestikan diri Anda dengan kalimat “Aku yang terbaik,” “Hari ini aku memberikan yang terbaik pada pendengar,” selalu sugestikan diri jika tiba-tiba Anda merasa gugup. 

Ucapan ini akan membantu Anda berdiri di atas panggung, sebelum berdiri Anda bisa saja mengalami kecemasan yang luar biasa, namun percayalah ketika Anda sudah berada di atas panggung, maka semua kegelisahan yang ada pada diri Anda akan lenyap dengan sendirinya.

Demikianlah penjelasan mengenai alasan takut bicara dan tips agar bisa lancar bicara di depan umum, selalu belajar dan berlatih ya. (Mediapeneliti.com/Syamsul Azman) 

 

Oleh admin

Anda bisa terhubung dengan kami di Instagram @mediapeneliti

Tinggalkan Balasan