Kategori
Pendidikan

Inilah 6 Hal Yang Akan Kamu Rasakan Saat Menjadi Mahasiwa Pendidikan Matematika

MEDIAPENELITI.COM-Siapa yang tidak kenal dengan matematika, salah satu mata pelajaran yang paling dihindari dan ditakuti oleh sebagian murid SD sampai siswa SMA. Mereka beranggapan matematika itu hanya buang-buang waktu, karena ketika proses penyelesaian soalnya sangat panjang dan berbelit-belit dan hasil yang didapatkan hanyalah beberapa angka dan terkadang hasil yang didapatkan adalah angka nol, oleh karena itu banyak murid sampai dengan siswa yang kurang menyukai mata pelajaran ini. Tapi bagi kamu yang menyukai mata pelajaran matematika, pastinya kamu akan sangat menikmati pada proses penyelesaian soalnya, apalagi  jawaban yang kamu dapatkan adalah benar maka itu akan menjadi kebanggan tersendiri bagi kamu. Jika kamu menguasai ilmu matematika maka kamu patut berbangga diri, karena kamu telah menguasai ilmu raja dari segala raja, karena hampir pada semua ilmu yang lainnya juga membutuhkan ilmu matematika. Belajar matematika bukan hanya sekedar belajar materi, akan tetapi juga belajar menganalisis dan mengkonstruksi konsep. Jika kamu yang menyukai mata pelajaran matematika dan berniat untuk memperdalam ilmu matematika di tingkat perguruan tinggi, maka kamu harus mengetahui hal yang akan kamu rasakan ketika menjalani masa menjadi seorang mahasiswa jurusan matematika

  1. Mata kuliah yang terdapat pada jurusan matematika termasuk kedalam kategori sulit akan tetapi akan terasa menyenangkan bagi pecinta matematika

Ketika kamu berkuliah di jurusan matematika, soal hitungan dan rumus sudah menjadi makanan setiap kali pertemuan dengan dosen, kamu akan dituntut untuk agar dapat menyelesaikan soal dan dapat menjelaskannya kembali dengan jelas dan harus bisa dipahami oleh orang lain. Hal ini dilakukan karena kamu sedang dipersiapkan untuk menjadi sosok guru pada masa yang akan datang. Materi yang diberikan kebanyakan akan sulit untuk dikerjakan, akan tetapi lain halnya jika kamu adalah mahasiswa pecinta matematika, materi yang sulit itu akan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi kamu.

  1. Mahasiswa matematika tidak memiliki laporan yang banyak akan tetapi memiliki tugas yang menumpuk sehingga kamu akan terbiasa untuk begadang untuk menyelesaikannya

Mahasiswa matematika sangat jauh berbeda dengan mahasiswa saintek lainnya, dimana mahasiswa saintek setelah mengikuti proses pratikum maka mereka harus mengerjakan lagi laporan hasil pratikum. Mahasiswa matematika tidak demikian, mereka akan diberikan tugas yang lumayan banyak oleh dosen untuk dikerjakan yang bertujuan agar mahasiswa akan terbiasa dengan mengerjakan soal-soal sehingga akan melahirkan para guru-guru yang berkompeten pada masa yang akan datang. Jika kamu kewalahan dalam mengerjakan tugas kuliah, jangan malu bertanya kepada senior yang ada di kampus, mereka pasti dengan senang hati akan mengajari kamu untuk menyelesaikan tugas kuliah, asalkan kamu dengan sopan meminta bantuan mereka.

  1. Mahasiswa matematika itu bersahabat baik dengan dosennya

Kita pasti pernah mendengarkan cerita dari mahasiswa jurusan lain jika mereka memiliki dosen yang killer, dan susahnya jika memiliki dosen killer karena akan sangat menyusahkan para mahasiswa. Tapi kamu mungkin tidak akan merasakan dosen killer jika kamu menjadi seorang mahasiswa matematika. Di jurusan matematika hubungan antara dosen dan mahasiswa termasuk memiliki hubungan yang baik, karena dosen matematika mengetahui dan sudah pernah merasakan bagaimana susahnya ketika menjadi mahasiswa matematika, sehingga membuat dosen sadar akan hal itu dan mereka menginginkan mahasiswa saat ini tidak merasakan kesulitan seperti yang pernah mereka alami. Akan tetapi itu semuanya kembali lagi kepada mahasiswa yang bersangkutan bagaimana cara dia dapat mengambil hati sang dosen, tentunya disini dibutuhkan tata krama dan kesopanan mahasiswa terhadap dosen.

  1. Soal ujian yang diberikan pada ujian akhir semester akan sesuai dengan apa yang kamu pelajari

Saat kamu menjadi mahasiswa matematika maka kamu tidak perlu panik ketika mengikuti ujian akhir semester, karena kebanyakan soal yang akan diberikan oleh sang dosen adalah soal-soal yang sudah pernah kamu pelajari dan pernah diberikan sebagai tugas oleh dosen. Oleh karena itulah kamu harus benar – benar memperhatikan dan memahami ketika dosen menjelaskan materi di dalam kelas, dan tugas kuliah yang diberikan oleh dosen harus dengan serius kamu kerjakan, sebab kemungkinan soal tersebutlah yang akan keluar sebagai soal ujian akhir semester. Berbeda dengan jurusan lain, dosennya terkadang memberikan soal ujian yang berbeda dengan yang dipelajari mahasiswa, sehingga sangat menyulitkan mahasiswa dan apalagi jika mahasiswa yang bersangkutan tidak belajar sama sekali. Jadi kunci sukses ketika akan menghadapi ujian itu adalah belajar, jika dosen memberikan soal yang sangat mudah sekalipun tapi kamu tidak belajar maka itu juga sia – sia.

  1. Himpunan mahasiswa matematika selalu aktif dalam menyelenggarakan event

Jangan berpikir jika mahasiswa matematika itu adalah mahasiswa kupu – kupu (Kuliah pulang-kuliah pulang), jika kamu berprasangka demikian maka itu merupakan sebuah kesalahan, karena kita berpikir mahasiswa matematika sibuk dengan segala tugas yang diberikan dosen maka mereka akan sangat kewalahan dalam mempersiapkan sebuah event. Pada kenyataannya mahasiswa matematika turut aktif dalam menyukseskan semua event yang diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa matematika, bahkan kegiatan mempersiapkan kegiatan mereka turut membawa buku dan segala perlengkapan kuliah, tentu saja mereka untuk belajar dan mengerjakan tugas. Ketika mereka memiliki waktu senggang maka mereka akan belajar untuk mempersiapkan diri untuk ujian atau mengerjakan tugas kuliah. Jadi di tengah kesibukan mahasiswa matematika mereka masih bisa menyelenggarakan sebuah event dan ini merupakan sebuah prestasi non-akademik.

Itulah 5 hal yang akan kamu rasakan ketika menjadi seorang mahasiswa pendidikan matematika, ketika kamu ingin menjadi mahasiswa matematika maka kamu harus mempersiapkan diri dari sejak sekarang, mulai biasakan hidup dengan disiplin. Jika kamu sudah menjadi seorang mahasiswa matematika maka tetaplah bersemangat menjalani kuliah, jangan sia – siakan waktu kamu ketika masih menjadi mahasiswa, karena moment ketika menjadi mahasiswa akan selalu dirindukan. (Mediapeneliti.com/Maiful Hari)

Tinggalkan Balasan