Kategori
Pendidikan

Memahami Makna dari Pemimpin, Pahami ini Agar Anda Jadi Pemimpin Sejati

MEDIAPENELITI.COM – Pemimpin adalah orang yang dipercayai untuk maju di depan, mengarahkan serta kerja bersama-sama dengan orang yang dipimpin.

Pemimpin bukanlah seorang bos, hanya memerintah dan menunggu hasil yang dikerjakan oleh orang yang dipimpinnya.

Lebih dari itu, pemimpin adalah sosok yang bisa hadir ditengah, dengan adanya dirinya orang merasa lebih terarah dan ada sosok menjadi panutan.

Bila seorang pemimpin hanya mengandalkan wibawa namun tidak mencerminkan apapun dari dirinya, maka akan muncul pemberontakan, percayalah jika Anda ingin menjadi pemimpin yang baik, maka Anda harus lebih bisa mendengar pembicaraan.

Anda tidak bisa hanya mengandalkan kedua telinga, tapi Anda butuh telinga-telinga lain untuk bisa mendengar dengan baik. Maka, Anda membutuhkan orang kepercayaan, yang bisa menjadi teman baik Anda, berdiri selalu bersama Anda, bisa menjadi mata-mata Anda, serta bisa melakukan pekerjaan Anda tanpa diketahui orang lain.

Seperti dikutip pada buku ‘Art of Leadership’ ada beberapa pengertian mengenai kepemimpinan.

Mau tahu gak?

Yuk kita bahas, mengkaji hal ini bukan berarti saya sebagai menjadi pemimpin sejati, namun pengalaman saya, serta bahan-bahan yang saya baca bisa menjadi referensi, terlebih saya memiliki referensi, Nah bila saudara sekalian memiliki pendapat lain, boleh tinggalkan komentar, kita berdiskusi dan memahami bersama-sama mengenai kepemimpinan.

Pemimpin

Jika melakukan searching di Google mengenai pemimpin atau leadership, maka muncul berjiban mengenai hal itu, mengapa? berarti sangat banyak teori dari kepemimpinan.

Orang mencari keyword leadership, pemimpin, kepemimpinan atau apalah namanya karena memiliki kegunaan dan ingin menjadi pemimpin yang berhasil.

Alasan lainnya karena berhadapan dengan organisasi, perusahaan, lembaga, maupun komunitas yang membutuhkan pemimpin.

Dari hal paling kecil saja juga membutuhkan pemimpin, yakni pemimpin keluarga. Tidak jarang seseorang menjalankan kepemimpinan dengan cara yang buruk dan banyak yang salah dari segi dia memimpin.

Memang, ada sebagian orang yang diberikan oleh Tuhan menjadi pemimpin, memang bawaan lahir, tapi ini sangat sedikit. Timbul pertanyaan, apakah orang yang tidak memiliki bakat pemimpin tidak bisa menjadi pemimpin?

Jawabannya bisa, setiap orang bisa menjadi pemimpin jika dilatih dan benar-benar memberikan perhatian pada keinginannya tersebut.

Siapakah Pemimpin?

Ada banyak teori tentang kepemimpinan dengan sudut pandang tersendiri tentang makna “pemimpin” dan “kepemimpinan”.

Teori kepemimpinan tercipta dari serangkaian pengamatan, literatur pun dengan sepak terjang para tokoh-tokoh pemimpin dunia yang berpengaruh seperti :

  • Mahatma Gandhi
  • Soekarno
  • Adolf Hitler
  •  Theodore Roosevelt.

Lalu, apa sebenarnya perbedaan seorang pemimpin dengan orang biasa?

Jawabannya adalah pemimpin adalah seseorang yang dapat menunjukkan arah yang akan dituju, sehingga orang-orang mempercayai dan mengikuti perkataannya.

Kompetisi yang terus meningkat, berkembangnya teknologi, berubahnya peraturan-peraturan pemerintah, serta sikap para pekerja yang turut berubah membutuhkan kesigapan dari para pemimpin dalam mengelola organisasi yang dipimpinnya.

Lalu apa yang membedakan pemimpin dengan manajer ?

Pemimpin fokus pada efektivitas dan hal-hal yang baik. Sedangkan, manajer fokus pada efisiensi dan hal-hal yang baik.

Pemimpin adalah seseorang yang menjalankan suatu kelompok dengan memengaruhl individu lainnya dalam rangka untuk meraih suatu tujuan yang ditentukan bersama.

Kepemimpinan merupakan sikap yang dimiliki oleh pemimpin yang digunakan untuk memengaruhi orang lain dalam kelompok untuk menggapai tujuan yang disepakati bersama.

Makna lainnya adalah suatu proses pada saat pemimpin memberikan pengaruh dan contoh kepada setiap individu yang dipimpinnya dengan maksud untuk mencapai tujuan bersama.

Sedangkan, kepemimpinan dalam organisasi dipraktikkan sebagai pengarahan tugas atau kewajiban para anggota dalam organisasi yang dimaksudkan untuk meraih tujuan.

Kemampuan manajerial secara seimbang harus dimiliki oleh pemimpin.

Pemimpin lebih merujuk pada orang sebagai pelaku dari kepemimpinan. Sedangkan, kepemimpinan merupakan sifat dari individu dalam memengaruhi orang lain untuk mencapai suatu tujuan.

Dalam organisasi, kepemimpinan yang baik akan dapat mengoordinasi dan menyinergikan sumber daya yang ada di dalam organisasi. Selain itu, kepemimpinan yang jitu juga mampu menggali dan mengembangkan potensi yang di miliki setiap individu lainnya.

Pemimpin yang baik tidak hanya dilihat dari seberapa banyak orang yang mengikutinya.

Pemimpin yang memiliki kepemimpinan yang baik akan mampu menciptakan pemimpin selanjutnya.

Apakah Kepemimpinan Itu?

Kepemimpinan mengandung ilmu, teknik, seni, dan ciri tersendiri. Kepemimpinan bukan berarti memimpin orang untuk sesaat, seperti memimpin upacara bendera, paduan suara, dan lain sebagainya, tetapi lebih merujuk pada seseorang yang memimpin suatu organisasi atau institusi.

Kepemimpinan diharapkan dapat mendatangkan manfaat bagi kesejahteraan manusia. Kepemimpinan merupakan kegiatan atau seni memengaruhi orang lain agar mau bekerja sama yang didasarkan pada kemampuan orang tersebut untuk membimbing orang lain dalam mencapai berbagai tujuan yang diinginkan kelompok.

Pada dasarnya, kepemimpinan adalah ilmu dan seni memengaruhi orang atau kelompok untuk bertindak seperti yang diharapkan dalam rangka mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Dalam hal ini, seseorang memengaruhi dan memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan bersama. Kepemimpinan merupakan seni untuk memengaruhi dan menggerakkan orang- orang sedemiklan rupa untuk memperoleh kepatuhan, kepercayaan, respek, dan kerja sama secara royal untuk menyelesaikan tugas.

Kepemimpinan juga meliputi proses memengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, memengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya.

Sedangkan, kekuasaan adalah kemampuan untuk memengaruhi orang lain agar mau melakukan yang diinginkan Kepemimpinan juga merupakan bentuk dominasi yang didasari atas kemampuan pribadi yang sanggup mendorong atau mengajak orang lain untuk berbuat sesuatu yang berdasarkan penerimaan oleh kelompoknya dan memiliki keahlian khusus yang tepat bagi situasi khusus.

Unsur-Unsur dalam Kepemimpinan

Pemimpin yang baik yakni bisa menggerakkan para pengikut untuk mencapai tujuan yang diinginkan bersama. Sedangkan, kepemimpinan adalah suatu proses, tindakan dan kemampuan memimpin.

Dalam hal ini, satu orang yang dapat memengaruhi atau mengarahkan satu atau banyak orang. Sifat pengikut bisa berupa sukarela tanpa adanya pemaksaan atau justru sebaliknya.

Proses komunikasi yang dilakukan pemimpin terhadap pengikutnya memberikan pengaruh dalam gaya kepemimpinan. Selain itu, faktor situasi atau faktor pengikut akan menyebabkan tindak kepemimpinan menjadi berbeda karena tingkat kemampuan kebutuhan pengikut dalam mendukung pemimpin sejatinya berbeda-berbeda.

Dalam kepemimpinan, terdapat unsur-unsur pokok yang tidak boleh diabaikan. Seperti hal yang sudah disebutkan, pemimpin adalah orang yang mampu menggerakkan pengikut.

Artinya, pemimpin tidak berdiri dan bekerja sendiri, tetapi membutuhkan berbagai hal lainnya yang masuk dalam komponen kepemimpinan, di antaranya sebagai berikut:

  • Pemimpin, yaitu orang yang mampu menggerakkan pengikut untuk mencapai tujuan organisasi. la harus mempunyai visi, spirit, karakter, integritas, dan kapabilitas yang tinggi.
  • Kemampuan menggerakkan; cara pemimpin menggerakkan pengikutnya untuk mencapai tujuan organisasi.
  • Pengikut, yakni orang-orang yang berada di bawah otoritas atau jabatan pemimpin.

Demikian penjelasan mengenai Memahami Makna dari Pemimpin, Pahami ini Agar Anda Jadi Pemimpin Sejati, artikel selanjutnya kita akan membahas mengenai bagaimana menjadi pemimpi serta tips-tipsnya.

Oke, semoga bermanfaat saudaraku. (Mediapeneliti.com/Syamsul Azman)

Tinggalkan Balasan