Kategori
Wisata

Salah Satu Tempat Wisata di Aceh Mesjid Raya Baiturrahman, Wisata Religi Saksi Peradaban

MEDIAPENELITI.COMMasjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu ikon wisata di Aceh, belum sah rasanya jika ke Aceh tidak singgah ke tempat ini, bukan begitu ?

Banyak literasi menceritakan sejarah, perjalanan hingga kemegahan masjid kebanggaan Aceh ini, jika Anda mau tahu, silahkan searching di Google.

Kali ini kita tidak membahas sejarah, kita coba lebih mengarah pada alasan Masjid Raya Baiturrahman ini wajib dikunjungi ketika Anda berada di Aceh.

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh terletak pas ditengah kota, jika Anda bertanya “Mana sih pusat kota di Banda Aceh ?” jawabannya ya itu, Mesjid Raya Baiturrahman dan kawasan sekitar adalah pusat kotanya Banda Aceh.

Alasan Anda Harus Berkunjung ke Mesjid Raya Baiturrahman

Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh merupakan simbol bagi rakyat Aceh, baik simbol keagamaan, budaya, semangat juang, hingga bukti perjuangan rakyat Aceh melawan Belanda pada zaman penjajahan.

Selain itu, Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh sebagai saksi bisu kedahsyatan Tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004 silam.

Bayangkan, ketika bangunan lain luluh lantak diterjang gelombang nan dahsyat, Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh tetap berdiri kokoh, pun sebagai tempat perlindungan bagi warga sekitar dari Tsunami.

Seperti tertera pada Wikipedia, Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh dibangun pada tahun 1612 di masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda.

Ada juga yang mengatakan bahwa Masjid Raya Baiturrahman yang asli dibangun lebih awal pada tahun 1292 oleh Sultan Alaidin Mahmudsyah.

Gambaran suasana Mesjid Baiturrahman Banda Aceh pada zaman dahulu. Sumber Foto : Wikipedia

Banyak literasi menjelaskan sejarah mengenai masa pembangunan Masjid Raya Baiturrahman, maka sangat banyak terkandung nilai sejarah dan masih sangat terasa suasana klasiknya sampai saat ini.

Maka, alasan paling sederhana untuk mengunjungi Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh karena nilai sejarahnya.

Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh inilah salah satu bukti sejarah itu pernah ada, dari setiap sudut mesjid, ukiran-ukiran dinding, keramik bernuasa klasik.

Boleh dikatakan Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh adalah destinasi wisata wajib yang mesti Anda kunjungi. Tidak sah ke Aceh bila tidak mengunjungi Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Lokasi

Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh berlokasi di Jalan Mohammad Jam No 1 Kampung Baru, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Lokasi Mesjid Raya Baiturrahman jika dilihat dari internet. Sumber Foto : Google Maps

Mesjid ini terletak di jantung Kota Banda Aceh, dekat hati di atas ginjal, wkwkw. Serius, Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh ini terletak di pusat kota dan letaknya berdekatan dengan tempat wisata lain yang cukup terkenal di Aceh, seperti :

  • Museum Tsunami Aceh
  • Museum Aceh
  • Makam Sultan Iskandar Muda
  • Taman Makan Pahlawan
  • Taman Putroe Phang
  • Monumen Pesawat Seulawah 001
  • Taman Sari Gunongan
  • Taman Budaya Aceh dan lainnya.

Lokasi Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh berdekatan dengan tempat bersejarah lainnya, jadi jika Anda berkunjung ke mesjid ini, Anda juga mudah berkunjung ke tempat lain karena lokasinya tidak jauh.

Suasana di Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

Suasana di Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh pastinya seperti suasana mesjid pada umumnya.

Namun, yang menarik dari mesjid ini, selain lokasi yang luas, viewnya untuk melakukan foto cukup menarik. Seperti baru-baru ini telah dibangun 12 payung seperti payung di Arab Saudi.

Menarik bukan?

Suasana Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh selesai shalat Jumat sebelum pandemi Covid-19 Foto : Syamsul Azman

Serasa ke Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, sedang berada di Arab, melakukan ibadah umrah atau haji, bisa saja pada foto Anda buat, “Di Arab Saudi” mungkin orang tidak tahu kalau itu di Banda Aceh, jika Anda foto dengan payung saja.

Pertama masuk Anda harus memarkirkan kendaraan di basement atau parkir bagian bawah. Parkir di pinggir jalan juga ada, namun sangat terbatas dan kendaraan Anda akan sangat kasihan akibat panas.

Nah, jika Anda masuk dari parkiran basement, ada akan berjumpa dengan lorong panjang dihiasi gambar Pintu Aceh disisi kiri-kanan dinding.

Lorong bawah di Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, sering dijadikan tempat istirahat warga Foto : Syamsul Azman

Suasana sejuk juga terasa ketika kaki Anda menginjak keramik, tak jarang juga terlihat orang sedang istirahat di lorong panjang ini, melakukan foto di lorong Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh juga cukup asik, viewnya luar biasa.

Suasana setelah shalat Jumat di Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.        Foto : Syamsul Azman

Biaya

Masuk ke Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh tidak membutuhkan biaya khusus, paling Anda hanya bayar biaya parkir.

Motor : Rp 2 ribu

Mobil : Rp 3 ribu

Dengan membayar uang parkir, Anda bisa berkeliling sampai keluar keringat di Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Penginapan di dekat Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

Jika Anda berkunjung ke Aceh atau ada tujuan ingin berwisata di Aceh, sekitar Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh memiliki beberapa penginapan.

Lokasinya juga tidak jauh dari Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, biasanya harga sewa kamar permalam di sekitar Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh standarnya Rp 200 ribu s/d Rp 400 ribu.

Tunggu apa lagi, setelah pandemi Covid-19 usai, Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh bisa menjadi objek wisata pilihan. (Mediapeneliti.com/Syamsul Azman)

Tinggalkan Balasan