Kategori
Tips

Tips Agar Konsisten dalam Mengejar Mimpi

MEDIAPENELITI.COM – Tips agar konsisten dalam mengejar mimpi. Setiap orang bisa saja bermimpi. Entah ketika tidur atau bangun pagi.

Bedanya mimpi yang dirasakan ketika sedang tidur tak bisa Anda kendali, sedangkan mimpi yang muncul dari keinginan hati bisa saja terealisasi. Tetapi, bagaimana caranya?

Mengejar mimpi tidaklah mudah, meski tak nampak dimata kasar kita bahwa ia sedang berlari. Percayalah, ketika kita sudah berani bermimpi, itu tandanya kita harus siap dengan segala konsekuensi.

Sebut saja sisi negatifnya mulai dari diremehkan, hilang motivasi, gagal berkali-kali dan berujung menyerah diri. Eh, tapi jangan mudah mengalah. Tetap jaga konsentrasi.

Beberapa tips dibawah bisa dicoba agar konsistensi Anda dalam mengejar mimpi tetap terjaga. Simak sampai habis, ya

Punya target mimpi yang jelas

Kalau sudah bermimpi, jangan setengah-setengah dong. Apalagi asal-asalan.

Anda sudah harus tau mimpinya apa, terjadinya kira-kira kapan, diusia berapa, ketika Anda sedang apa dan catat segala hal penting yang menurut anda adalah bagian dari mimpi tersebut.

Misalnya begini, katakanlah Anda punya mimpi untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.

Nah, Anda sudah harus punya planning yang jelas kapan Anda akan berangkat, pada usia berapa, negara tujuan mana, bidang apa yang akan anda tekuni, termasuk segala biaya yang Anda perlukan atau apakah Anda akan mencoba apply beasiswa?

Tulis, catat semuanya baik dibuku catatan kecil maupun dikertas karton berukuran besar untuk ditampel di dinding kamar.

Kemudian, mulai kerjakan satu-satu usaha untuk meraihnya dari hal-hal terkecil yang bisa Anda usahakan, seperti belajar dengan tekun, aktif di organisasi (bermanfaat buat daftar beasiswa) dan tidak lupa minta ridha dari orangtua.

Terpenting, usahakan bangun Tahajud setiap malam demi berbicara dengan Tuhan.

Ingat, mimpi yang jelasakan memudahkan Anda konsisten mengejar target secara berkala dan tidak terburu-buru. Tunggu apalagi, segera planning target mimpi!

Mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan mimpi

Coba tanyakan pada diri, apakah aktivitas Anda sehari-hari membawa Anda lebih dekat meraih mimpi? Jika iya, teruskan. Jika tidak, tinggalkan.

Ingat, Anda harus  fokus pada mimpi. Caranya adalah dengan mengetahui apa saja yang harus Anda lakukan untuk meraih mimpi tersebut.

Saya kasih contoh, sebut saja mimpi Anda adalah menjadi pemain bola sepak dunia di usia 20 tahun. Maka, tentu saja setelah Anda punya target mimpi yang jelas, Anda harus mulai latihan menendang bola setiap hari.

Nah, berbeda jika target mimpi Anda adalah menjadi dosen muda pada awal usia 24 tahun, maka yang harus Anda lakukan adalah mulai menekuni research dalam bidang yang diminati, tentunya sesuai target mimpi.

Jangan lakukan hal yang bukan passion Anda. Saya suka berpesan begini; Anda tidak harus melakukan suatu hal hanya karena orang lain juga melakukannya.

Anda tidak harus capek bergadang dimalam hari menyiapkan belasan jurnal ilmiah yang membuat mumet kepala, jika target mimpi Anda adalah menjadi seorang pengusaha sukses.

Hal yang lebih penting bisa Anda lakukan adalah investasi ilmu pada bidang entrepreneur dan fokus jualan.

Kembali lagi, beda orang pasti berbeda target mimpi yang ingin diwujudkan. Maka, fokuslah pada target mimpi Anda sendiri ketimbang melakukan hal-hal yang membuat Anda jenuh dikemudian hari.

Hapus stigma “Biar kayak orang-orang” dari pikiran Anda, karena masing-masing individu punya target mimpi yang tak sama.

Menerima kegagalan

Seperti yang sudah saya sebutkan diawal, jika Anda sudah berani bermimpi maka Anda juga dituntut untuk siap menghadapi segala konsekuensi.

Nah, gagal adalah fase awal yang harus Anda lewati dalam setiap proses mengejar mimpi. Tetapi hati-hati, tak semua orang mampu menerima kegagalan dengan kepala dingin dan semangat untuk bangkit lagi.

Cara untuk menerima kegagalan adalah dengan mengetahui bahwa setiap manusia punya ‘jatah gagal’ masing-masing yang harus ia habiskan sebelum ia bertemu kesuksesan.

Katakanlah jatah gagal saya 20 kali untuk mencapai mimpi menjadi seorang mahasiswa berprestasi.

Nah, maka dimulai dari semester satu saya mungkin akan jatuh dan gagal lebih dari 10 kali. Entah IPK saya jatuh, atau saya sulit mengerti materi dari dosen, atau skripsi saya tidak berjaya meyakinkan dosen penguji, atau apa saja hal yang mengundang frustrasi.

Bayangkan, bagaimana jika saya langsung putus asa dan memilih untuk berhenti saja? Sudahlah. Selamat tinggal target mimpi! Wkwkwq

Kabar baiknya, setelah membaca poin ini, cepat atau lambat (semoga cepat) Anda akan sadar bahwa kegagalan terjadi bukan untuk ditangisi apalagi sampai frustrasi.

Kegagalan adalah petanda awal bahwa Anda harus konsisten lagi dalam mengejar mimpi. Bukankah hal yang dilakukan berulang kali akan menjadikan Anda ahli dibidang yang Anda tekuni?

Ingat saja teori belajar jalan. Bukankah diusia balita Anda juga sering jatuh berkali-kali sebelum akhirnya bisa jalan sendiri dan bahkan mampu berlari?

Meninjau strategi dan kemajuan

Setiap tindakan yang Anda ambil dalam proses meraih mimpi tentu saja perlu dievaluasi.

Cross-check kembali apakah ada kemajuan dalam setiap tingkatan atau mungkin sudah mulai sedikit melenceng  dari posisi awal.

Strategi yang Anda gunakan juga harus bijak dan berkesan. Anda harus memastikan bahwa posisi Anda tidak stagnan tanpa ada kemajuan.

Jika Anda sudah mulai mengejar mimpi melanjutkan pendidikan jenjang S2, minimal ketika semester 7 persiapan Anda sudah 70% matang secara mental, fizikal, berkas, dan tentunya survey kampus tujuan.

Apabila belum, segera tinjau ulang kendala apa saja yang membuat Anda sulit melangkah kedepan.

Penting untuk mengetahui sejauh mana Anda sudah berlari mengejar mimpi, agar konsistensi Anda tetap berada pada tahap paling tinggi.

Itu tadi beberapa tips yang bisa saya bagikan pada teman-teman yang sedang berproses menuju sukses. Intinya, tetap semangat mengejar mimpi tanpa peduli seberapa berat rintangan yang terpaksa dihadapi. Bukankah mimpi Anda itu sebuah harga mati? (Mediapeneliti.com/Fatimah Zuhra)

 

 

Satu tanggapan untuk “Tips Agar Konsisten dalam Mengejar Mimpi”

Tinggalkan Balasan