Kategori
Tips

Tips Jitu Membiasakan Diri Membaca Buku

MEDIAPENELITI.COM – Tips jitu membiasakan diri membaca buku.

Pernah bertemu si kutu buku? Manusia dengan minat baca melebihi rata-rata. Nah, sebagian orang menganggap mereka ini norak, tetapi kebanyakan orang bahkan kagum dan ingin agar bisa menjadi pencinta buku seperti mereka.

Masalahnya, mungkin Anda belum terbiasa. Lalu, bagaimana cara agar bisa bersahabat dengan buku, jika Anda seorang pembaca pemula?

Berikut saya berikan tips jitu agar Anda bisa bersahabat dengan buku. Budayakan membaca sampai habis, ya? hehe

Carilah bacaan yang ringan, menarik, dan seru!

Mungkin, pada fase awal membiasakan diri memilih buku bacaan, Anda akan bingung mencari buku yang sesuai. Tenang, coba sesekali lihat buku apa yang dibaca para tokoh inspiratif dunia?

Misalnya Bill Gates, tokoh dunia ternama satu ini membaca serta merekomendasikan buku-buku bacaan yang menarik seperti; Why We Sleep, Prepared, Growth, dan These truth, sebagai konsumsi ilmu yang harus dibaca.

Nah, semua buku rekomendasi Bill Gates tentunya berbahasa Inggris dan tebal, tetapi sangat bagus untuk dikonsumsi jika Anda sudah terbiasa membaca buku-buku dari luar negeri.

Jika belum, tenang. Kembali lagi pada poin pertama, kabar baiknya adalah Anda tidak wajib membaca buku bahasa asing yang tebal. Cukup dengan membaca buku dari penulis lokal saja, namanya juga pemula.

Mulailah melirik buku dengan judul yang menarik, sinopsis yang ringan dan bahasa yang asik! Tidak perlu menimbang berat serta ketebalan halaman, cukup membaca buku dengan alur yang membuat Anda nyaman.

Tentukan minat baca Anda (fiksi vs non-fiksi)

Sebagai pembaca pemula, Anda harus benar-benar yakin dengan buku pertama yang akan Anda baca.

Ingat! Buku tersebut bisa jadi penentu nasib minat baca Anda kedepan, apakah Anda akan berhenti pada satu buku saja, atau bahkan dimulai dari satu buku, Anda akan tertarik membaca lebih banyak buku lagi. Nah!

Setelah menemukan satu genre yang sesuai, Anda akan menemukan lebih banyak genre-genre lain, baik fiksi atau non-fiksi.

Terdapat banyak buku dengan genre horror, romance, self-help, motivation, education, dan history yang dapat disesuaikan dengan minat baca Anda, seiring bertambahnya usia.

Maka, segera tentukan minat baca Anda sekarang!

Membawa buku bacaan kemana saja

Setelah mengikuti step pertama dan menemui genre yang menarik, pastikan Anda membawa buku tersebut kemana saja ketika Anda bepergian.

Maka, akan menjadi sebuah kebiasaan bagi Anda untuk mengisi waktu dengan membaca.

Disela-sela waktu menunggu Grab ke tempat kerja misalnya, di dalam bis, disela-sela waktu menunggu pergantian jam mata kuliah, dan juga pada waktu Anda ter-trigger sekali memegang hp, Anda dapat menggantikan kebiasaan melihat hp dengan membaca buku.

Tanpa sadar, Anda telah memanfaatkan sela-sela waktu luang demi membaca buku, dan tidak terasa Anda mungkin dapat menghabiskan bahan bacaan dalam waktu sekejap!

Book exchanges! (pertukaran buku)

Bagi si pembaca pemula, sangat menyenangkan apabila Anda menemukan teman yang juga menyukai genre buku yang sama dengan Anda, dan bersedia menukarkan buku yang sudah habis dibaca, dengan buku kepunyaan Anda.

Kebiasaannya, usai membaca satu buku, si pembaca pemula mulai senang lagi melakukan hal-hal lain apabila tiada lagi buku bacaan ditangan.

Mau membeli buku rasanya berat sekali. Sebagai anak kost, lebih baik uangnya digunakan untuk membeli makan atau setidaknya mengisi kouta internet harian.

Namun, apabila Anda berteman dengan seorang book lovers, tidak mustahil jika ditangan Anda akan selalu ada buku untuk dibaca, tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal.

Saling bertukar buku menjadi suatu hal yang menyenangkan dan lebih praktis ketimbang harus meminjam buku di perpustakaan atau membelinya langsung dari toko buku.

Selain dapat menghematkan uang dan waktu, juga dapat melatih si pembaca pemula menjadi semakin addict pada buku.

Beberapa hal yang perlu dipastikan ketika proses books exchange adalah agar Anda dan teman Anda saling bertukar buku-buku yang menarik dibaca, dan tidak lupa juga keduanya harus menetapkan deadline peminjaman buku-buku tersebut.

Meminjam buku terlalu lama akan membuat si pemilik buku ragu untuk meminjamkan Anda buku yang lain pada kemudian hari.

Tambahan pula jika teman Anda adalah seorang book collector. Mereka sangat memperhitungkan kekosongan setiap satu buku yang ‘hilang’ dari raknya. (Benar gak sih?)

Konsisten Membaca

Setiap hal yang dilakukan rutin, akan menjadi sebuah kebiasaan. Anda akan merasa suatu kekosongan apabila sudah tidak melakukannya lagi.

Hal yang sama bagi si pembaca pemula, jika Anda bercita-cita menjadi seorang book addict, maka suatu hal yang wajib Anda perhatikan adalah konsistensi dalam membaca buku.

Rasa penasaran terhadap suatu buku yang menarik tidak mustahil akan hilang jika Anda sudah tidak lagi meneruskan rutinitas membaca.

Atensi Anda akan terkecoh pada hal-hal yang dapat mengganggu dan membuat Anda tidak fokus membaca. Misalnya seperti bermain games atau menonton marathon drama korea.

Saya percaya, konsistensi dalam membaca bisa Anda latih mulai dengan membaca hal-hal yang ringan setiap hari.

Misalnya, dengan membaca koran, satu lembar setiap pagi atau dengan membaca artikel online setiap hari.

Jika perlu, tetapkan target buku atau bahan bacaan yang akan Anda baca setiap bulan.

Lakukan apa saja yang dapat membuat jiwa membaca Anda semakin menggebu-gebu setiap hari, diawali dari semangat menjaga konsistensi.

Ingat, jangan pernah berhenti membaca (belajar), karena hidup tidak pernah berhenti memberi Anda pelajaran.

Coba diingat-ingat, sudahkah Anda membaca buku hari ini?(Mediapeneliti.com/Fatimah Zuhra)

Oleh admin

Anda bisa terhubung dengan kami di Instagram @mediapeneliti

Tinggalkan Balasan