Kategori
Tips

Tips Mengelola Hidup pada Usia Awal 20-an

MEDIAPENELITI.COM – Tips mengelola hidup di usia awal 20-an. Usia 20 tahun adalah usia penentu masa depan.

Penyanyi terkenal, Adam Lambert pernah mengatakan, “kurasa sebagian besar usia 20-an kuhabiskan dengan memikirkan apa yang tidak kumiliki dan apa yang kuinginkan”.

Setiap orang yang sedang atau sudah melewati fase usia 20-an akan sependapat bahwa apa yang mereka lakukan di rentang usia itu membentuk siapa diri mereka sekarang.

Jika di usia 20-an Bill Gates terpuruk dan hancur setelah dirinya drop out dari Universitas Harvard, maka saat ini namanya tentu tidak terdaftar dalam list 10 orang terkaya di dunia selama lebih dari satu dekade.

Begitu pula Steve Job, Mark Zuckerberg dan ratusan orang hebat yang sukses dalam mengelola hidup se awal usia 20-an.

Mengapa mesti usia 20-an?

Tak dapat dipungkiri bahwa hidup tidak berhenti sebatas usia 30 tahun. Masih banyak orang sukses yang mencipta nama di mata dunia hasil kerja keras yang dimulai ‘terlambat’.

Sebut saja Colonel Sander, bapak KFC yang kisahnya mungkin sudah tidak asing lagi buat kita. Beliau pribadi baru benar-benar merasakan sukses di usia 62 tahun.

Tidak hanya Sander, pendiri brand ternama seperti Honda, Adidas dan Walmart juga baru meniti karir yang berhasil membuat mereka sukses, di usia yang tak lagi terhitung muda.

Lalu, mengapa mesti mengelola hidup di usia 20-an? Akui saja, kita tak pernah bisa meramal masa depan dengan pasti.

Maka, jika kita bisa mengelola hidup dengan baik dimulai saat ini, kenapa mesti menunggu nanti?

Sudah siap belajar seni mengelola hidup? Ayo, tenangin diri dan catat poin-poin berikut ini.

Selektif dalam memilih teman

Tak sedikit orang yang gagal sukses di usia muda dikarenakan pertemanan yang salah. Banyak pula orang yang sukses hasil kerja keras bersama sahabat baiknya.

Twitter tidak akan ada tanpa Evan William dan sahabatnya, Biz Stone. Begitu juga Bill Gates yang mungkin tak mampu menciptakan Microsft jika bekerja sendiri tanpa bantuan sahabatnya Paul Allen.

Dari mereka kita belajar bahwa pertemanan mampu mempengaruhi kesuksesan kita dimasa depan. Salah memilih teman, maka akan berujung penyesalan.

Lihat saja penyanyi populer Justin Bieber yang menghabiskan masa mudanya dalam pertemanan yang salah, sehingga ia pun melewati fase sulit di usia muda.

Maka, hati-hati. Kalau mau sukses, jangan salah pilih teman ya!

Atur pola hidup

Di awal usia 20-an, jangan terlalu santuy rebahan. Setidaknya setiap bangun pagi, Anda sudah mengatur jadwal aktivitas harian Anda untuk 24 jam kedepan.

Seperti mana ketika di sekolah guru memberi kita jadwal waktu pelajaran, sehingga kita jadi tau kapan waktunya belajar, istirahat, bermain dan pulang.

Begitu pula ketika dirumah, atau di kampus. Pola hidup yang teratur akan melatih Anda menjadi individu yang disiplin, teliti, tepat waktu dan bijak mengurus diri.

Perlu Anda ketahui bahwa pola hidup juga mencakup pola makan, pola tidur, pola main, pola mengatur keuangan dll.

Anda harus bisa menentukan jam berapa Anda tidur, jam berapa Anda bangun, berapa uang perbelanjaan per bulan, berapa yang perlu ditabung, berapa uang yang disisihkan untuk investasi, dimana Anda berbelanja, dan apa perencanaan Anda untuk hari esok.

Seorang motivator muslim dunia, Dr. Ibrahim Elfiky mempunyai pola hidup yang sangat teratur dimulai dari bangun pagi sampai tidur lagi.

Beliau percaya bahwa pola pikir adalah penggerak kepada keberhasilan pola hidup yang teratur. Maka, berfikirlah untuk mengelola hidup Anda dengan lebih baik.

Rencanakan masa depan

Mumpung masih usia 20-an, rencanakan masa depan Anda dengan baik. Sebab, hidup yang tak direncanakan akan berisiko tinggi pada masa depan.

Bayangkan saja jika Anda tak punya rencana mapan dalam hidup, maka setelah tamat kuliah Anda baru sibuk memikirkan mau cari kerja apa?

Sedangkan mungkin pada saat itu, teman-teman Anda yang dari awal sudah punya perencanaan masa depan, sudah mulai melamar kerja yang diinginkan sesuai dengan kemampuan dan persiapan.

Mereka siap menapak satu langkah kedepan karena perencanaan dan hasil persiapan yang matang.

sementara jika Anda tak mulai merencanakan masa depan di usia 20-an, Anda akan selangkah lebih lambat dalam bergerak menuju kenyataan hidup yang semakin menantang.

Belajar life skills baru

Usia 18-20 tahun adalah transisi menuju dewasa, dimana Anda dianggap sudah bisa melakukan hal-hal yang biasa dilakukan oleh orang dewasa.

Maka, penting untuk mempelajari life-skill baru yang mungkin sebelumnya tidak Anda ambil peduli, tetapi sebenarnya sangat berguna untuk masa depan Anda.

Pembelajaran penting di usia muda adalah manajemen emosi, mengelola keuangan, mengatur gaya hidup, keterampilan berbicara di depan umum, dan kemampuan menyelesaikan masalah.

Jika Anda sering mengandalkan bantuan dari orangtua, kedepan Anda tidak akan bisa apa-apa.

Sekarang berusahalah untuk lebih mandiri dengan melakukan segala hal layaknya orang dewasa, karena memang Anda sudah tidak terhitung anak-anak lagi.

Ada beberapa keterampilan yang memang tak bisa diwakilkan oleh orang lain, seperti kemampuan berbicara didepan umum, berunding dengan orang lain, menjalin relasi dan mengontrol emosi.

Maka, mulai saat ini sementara masih usia 20-an, carilah ilmu dan skill yang dapat bermanfaat untuk diri Anda kedepan.

Kelola hidup dengan baik dimulai sejak awal, dan selamat menuju pribadi dewasa yang sukses menikmati proses di usia muda. (Mediapeneliti.com/Fatimah Zuhra)

Satu tanggapan untuk “Tips Mengelola Hidup pada Usia Awal 20-an”

Terima ksih admind atas motivasinya,dibalik sebuah tulisan yang bagus ada perjuangan seorang yang sederhana.

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan