Kategori
Tips

Tips Publik Speaking Agar Dipahami Pendengar Bagian Pertama

MEDIAPENELITI.COM – Menjadi seorang publik speaking memang menjadi sesuatu yang menarik, semua orang bisa menjadi publik speaking dengan baik. Namun, tentunya menjadi publik speaking harus dipahami pendengar agar yang disampaikan tepat sasaran. 

Hampir semua orang bisa berbicara, namun tidak semua orang bisa berbicara baik sehingga bisa dipahami oleh pendengar. Nah kali ini, kita coba bahas mengenai tips publik speaking agar dipahami pendengar.
Tips ini dikutip pada buku ‘Bicara itu Ada Seninya’ karangan ‘Oh Su Hyang’. Ia adalah seorang pakar komunikasi terkenal di Korea Selatan. 

Bayangkan jika ada seorang yang rupawan, memiliki badan bagus, suara bagus, penampilan fisik yang bisa kita katakan sangat sempurna, namun ia tidak bisa berbicara dengan baik, sehingga menyulitkan orang memahami yang ia sampaikan. 

Tips publik speaking agar dipahami pendengar ini bermanfaat bagi Anda, selain untuk melatih cara berbicara, Anda juga bisa mengembangkan diri dengan selalu berlatih. 

Penyebab Bicara tidak bisa Dipahami 

Seorang yang tidak bisa berpikir secara logis atau tidak berkesinambungan, menyulitkan orang lain untuk mengerti yang disampaikan. Orang lain menilai selain dari segi fisik, ada juga dari segi cara berbicara, bahkan seseorang yang bisa berbicara dengan baik, kemungkinan besar ia dipercaya memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi dari orang pada umumnya. 

Nah, memang untuk bisa menjadi publik speaking yang baik tidak bisa dalam satu malam maupun satu pekan, Anda harus giat berlatih agar terbiasa dan mahir menjadi publik speaking handal. 

Berikut ini tipsnya. 

1. Berikan Alasan yang Tepat Untuk Argumen Anda

Tips publik speaking agar dipahami pendengar yang pertama ialah jelasakan alasan setelah Anda mengucapkan argumen atau pendapat. Kita memerlukan sebuah alasan dalam berpendapat, karena dengan adanya pendapat, argumen kita akan lebih dipahami dan dimengerti oleh pendengar. 

Kita ambil contoh, jika ada seorang mahasiswa yang ingin pergi jalan-jalan ke luar negeri, ia hanya meminta berulang-ulang kepada orang tuanya tanpa memberikan alasan mengapa ia butuh ke luar negeri. 
“Izinkan aku untuk pergi ke luar negeri satu bulan saja,” (pendapat). Maka orang tua akan berpikir berulang kali bahkan tidak mengizinkan anaknya untuk pergi tanpa adanya alasan kuat. 

Namun jika diberikan alasan, “Izinkan aku pergi ke luar negeri satu bulan saja,” (pendapat). “Karena pada zaman globalisasi ini sangat penting memperluas pengetahuan, pun nanti ketika melamar pekerjaan, bisa dimasukkan pada point pengalaman di curriculum vitae,” (alasan). 

Nah, dengan memberikan alasan, orang tua Anda kemungkinan besar akan memberikan izin kepada Anda karena menyangkut masa depan. 

2. Hindari Lompatan Logika dan Melebih-lebihkan 

Tips publik speaking agar dipahami pendengar yang kedua adalah berbicara sesuai fakta dan tidak melebih-lebihkan. Usahakan bicara sesuai dengan logika, masuk ke logika Anda dan bisa dipahami oleh pendengar. 
Jangan melebih-lebihkan fakta dengan opini-opini Anda jika sedang mengungkapkan sesuatu, kecuali opini tersebut bisa terbukti dan bisa dipertanggungjawabkan. 

3. Konsisten dalam Bersikap 

Tips publik speaking agar dipahami pendengar yang ketiga adalah dengan bersikap tetap pada argumen Anda. Namun, jika Anda telah membangun argumen tidak berdasar, Anda akan kesulitan mempertahankan pondasi argumen. 
Maka, dari awal sebelum melontarkan argumen atau pendapat, pastikan pondasi argumen Anda telah baik dan bisa dipertahankan bisa diserang oleh argumen-argumen lain. Bersikaplah konsisten mempertahankan argumen, dari awal sampai akhir pertahankan argumen Anda, sebab jika tiba-tiba mengeluarkan argumen baru, maka Anda akan terlihat tidak professional. 

4. Gunakan Kata-Kata Sederhana 

Tips publik speaking agar dipahami pendengar yang keempat adalah menggunakan kata-kata sederhana, jangan menjadi orang lain agar terlihat lebih hebat. Karena tujuan komunikasi adalah agar orang mengerti apa yang disampaikan. 
Jika Anda menggunakan kata-kata yang tidak dimengerti orang lain agar terlihat lebih hebat atau lebih mahir, maka pertimbangkanlah lagi. Sering seorang professor berbicara di depan umum terlihat sangat gagah dan berintelektual, namun bagi orang-orang awam, yang dibicarakan professor tersebut tidak bisa dimengerti, karena menggunakan kata-kata yang tidak bisa dimengerti oleh orang-orang awam. 
Maka, tips publik speaking agar dipahami pendengar gunakanlah kata-kata yang bisa dimengerti oleh semua orang, karena tujuan komunikasi agar orang mengerti yang disampaikan. 

5. Tetap Tenang 

Tips publik speaking agar dipahami pendengar yang kelima adalah bersikap tetap tenang dalam berbicara, jangan sampai terpancing emosi jika ada orang lain menyerang Anda karena pendapatnya tidak sesuai dengan keinginannya. 
Kita sering melihat orang ketika berbicara debat sering melontarkan perkataan yang tidak berhubungan dengan topik pembicaraan. Bahkan menyerang personal. Penyerangan terhadap personal ini karena adanya situasi yang tidak menyenangkan bagi orang lain, sehingga ia berusaha menyerang personal karena tidak ada lagi yang bisa diucapkan. 
Maka, Anda perlu tenang ketika berbicara dan mengemukakan pendapat, dengan pikiran dan hati jernih, maka ide-ide akan lebih bisa diterima oleh orang lain. (Mediapeneliti.com/Syamsul Azman)

Oleh admin

Anda bisa terhubung dengan kami di Instagram @mediapeneliti

2 tanggapan untuk “Tips Publik Speaking Agar Dipahami Pendengar Bagian Pertama”

Tinggalkan Balasan